Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh Tahun Ajaran 2006/2007

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah lebih baik.  Pembelajaran merupakan aktualisasi kurikulum yang menuntut keaktifan guru dalam menciptakan dan menumbuhkan kegiatan peserta didik sesuai dengan rencana yang telah diprogramkan. Guru harus dapat mengambil keputusan atas dasar penilaian yang tepat ketika peserta didik belum dapat membentuk kompetensi dasar, apakah kegiatan pembelajaran dihentikan, diubah metodenya, atau mengulang dulu pembelajaran yang lalu. Guru harus menguasai prinsip-prinsip pembelajaran, pemilihan dan penggunaan metode mengajar (Mulyasa, 2004:100).

Dalam pembelajaran matematika sering kita temui adanya siswa yang kesulitan dalam menerima materi yang diajarkan. Kesulitan ini dapat disebabkan antara lain faktor internal yaitu : motivasi, intelegensi, minat dan keadaan psikologis siswa. Sering kita temui siswa yang kurang tertarik mengikuti pelajaran matematika bahkan ada pula siswa yang takut dan benci pada pelajaran matematika. Mungkin hal ini merupakan gejala yang disebabkan oleh materi matematika yang dipelajari dan cara penyajiannya kurang sesuai dengan kematangan siswa, sehingga kegiatan belajar-mengajar tidak bermakna dan hasilnya pun kurang memuaskan.

Pemilihan model pembelajaran yang tepat perlu diupayakan guru untuk memudahkan proses terbentuknya pengetahuan pada siswa, namun guru juga harus memperhatikan apakah model pembelajaran yang digunakan itu penerapannya sudah efektif dan koefisien. Salah satu model yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran matematika adalah model pembelajaran kontekstual, yaitu konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan sistuasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Pembelajaran kontekstual dapat dikatakan sebagai sebuah pendekatan pembelajaran yang mengakui dan menunjukan kondisi alamiah dari pengetahuan melalui hubungan didalam dan diluar ruang kelas, suatu pendekatan pembelajaran kontekstual menjadikan pengalaman lebih relevan dan berarti bagi siswa dalam pembelajaran seumur hidup. Pembelajaran kontekstual menyajikan suatu konsep yang mengaitkan materi pelajaran yang dipelajari siswa dengan konteks dimana materi tersebut digunakan, serta hubungan dengan bagaimana seseorang belajar atau cara siswa belajar. Konteks memberikan arti relevansi dan manfaat penuh terhadap belajar (Sanjaya; 2005: 109).

Banyak dari materi-materi pada bidang studi matematika yang cocok disampaikan melalui model pembelajaran kontekstual misalnya : penjumlahan, pengurangan, dan pembagian yang pernah didapatkan ditingkat sekolah dasar dan perbandingan ditingkat sekolah menengah pertama. Salah satu materi matematika yang dapat diajarkan dengan model pembelajaran kontekstual adalah materi Himpunan di Kelas VII SMP kurikulum 2004.

Himpunan merupakan dasar ilmu matematika yang dipelajari di sekolah sampai ketingkat perguruan tinggi.Himpunan merupakan penunjang penting pada materi ilmu-ilmu tesebut dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Karna pentingnya pokok bahasan himpunan pada matematika, maka diperlukan pemahaman siswa dalam mempelajari pokok bahasan himpunan. Untuk mencapai itu tidak terlepas dari bagaimana cara guru mengajarkannya.

Sebagaimana tercantum dalam analisis materi pelajaran (AMP:1994). Tujuan pokok bahasan himpunan SMP kelas VII yaitu : ” Tujuan pembelajaran supaya siswa dapat menggunakan aturan-aturan himpunan dan membuat diagram venn suatu himpunan juga dapat melakukan operasi irisan dan gabungan serta dapat menggunakan sifat-sifat operasi himpunan”.

Dari uraian diatas ternyata didalam matematika tidak lengkap tanpa uraian mengenai himpunan. Hal ini sejalan dengan yang dikemukakan oleh Assauri dalam bukunya Matematika Ekonomi (1979:1) yaitu:

Di dalam uraian mengenai matematika adalah tidak lengkap apabila tidak disertai uraian mengenai himpunan atau kumpulan (sets). Hal ini karna dalam matematika modern, himpunan atau kumpulan (sets) memegang peranan yang sangat penting. Segala sesuatu yang ada dalam hidup manusia terdiri atas himpunan atau kumpulan (sets).

Beranjak dari uraian diatas peneliti ingin melakukan penelitian tentang model pembelajaran kontekstual pada materi himpunan.  Dalam mengajarkan materi ini kita dapat mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri (mengalami sendiri) apa yang akan mereka pelajari dengan terlebih dahulu membentuk mereka dalam sebuah tim yang saling bekerja sama antara satu dengan yang lain. Guru dapat membantu siswa untuk mengaitkan antara materi pelajaran dengan lingkungan sekitar tempat mereka belajar. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dapat diukur dengan penjajakan terhadap kemampuan siswa mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilannya.

Berdasarkan uraian tersebut maka muncul masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model pembelajaran kontekstual pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh Tahun Pembelajaran 2006/2007 dapat mencapai ketuntasan belajar? Oleh karena itu, peneliti ingin mengkaji tentang ”Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh Tahun Ajaran 2006/2007”

1.2  Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan pembelajaran materi himpunan di kelas VII SMP dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual.

1.3  Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian yang penulis lakukan ini antara lain:

  1. Di harapkan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru bidang studi matematika dalam menggunakan model pembelajaran konstektual pada materi himpunan.
  2. Sebagai bahan perbandingan bagi guru untuk memilih model pembelajaran yang tepat dalam mencapai ketuntasan belajar pada materi himpunan.

1.4  Anggapan Dasar dan Hipotesis Penelitian

Anggapan dasar merupakan titik pangkal dan arah dalam suatu penelitian. Adapun yang menjadi anggapan dasar dalam penelitian ini adalah :

  1. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar merupakan salah satu faktor yang menunjang keberhasilan belajar siswa.
  2. Model pembelajaran kontekstual dapat diterapkan dalam pembelajaran materi Himpunan di kelas VII SMP.

Adapun yang menjadi hipotesis dalam penelitian ini yaitu :”Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pembelajaran Himpunan di Kelas VII SMP Dapat Mencapai Ketuntasan Belajar”.

About these ads

51 Tanggapan

  1. judulnya bagus banget… mau dong bab2 selanjutnya

  2. tolong dikirimin juga ya…..
    yg bab 4&5……..
    pengen tau hasil penelitian ma kesimpulannya
    makasih

  3. ga ada laporan PPL buat pelajaran perpajakan????? tolong kirim di funfemm_onrock@yahoo.com

    trimaksh atas bantuannya…..

  4. Mas, judulnya bagus banget, boleh tidak saya liat bab selanjutnya, nanti saya tinggal mengganti dengan metode pendidikan agama
    terimaksih sebelumnya ya mas

  5. bagus bangat judul skripsinya, bisa minta tolong yang bab 2 dan 3 y ……..
    ditunggu secepatnya soalnya karang lagi buat proposal,,,,,
    tangs b4.

  6. tolong di ulas secara lebih lengkap lagi. terutama mengenai soal-soal kontekstual problem, agar dapat menjadi contoh bagi pemula untuk membuat soal contextual problem secara benar. atau kirim ke alamat e-mail saya. makash

  7. mohon berkenan mengirim bab 2 dan 3

  8. mas…bisa tolong kirim bab 234 k email saya, saya sedang malakukan PTK tentang pengaruh model pembelajaran kontekstual matematika terhadap tingkat penguasaan operasi perkalian bil bulat..thx b4

  9. klo boleh dan berkenan, bisa minta tolong untuk bab 2,3,4 ya,kirim keu imel saya…
    aaw.adul@yahoo.com

  10. tulisan yang sangat berguna, Pak. Klo berkenan mohon dikirimkan kelanjutannya ke marfuella@yahoo.com … makasih byk…

  11. bagus nhe…blh minta lanjutanx buat contoh makalah kami…
    ke rul_mutzlim@yahoo.com

  12. Bagus,bisa mi bab selanjutnya tentang”penarapan model matematika…..”trimakasih sebelumnya.

  13. thank’s be for U

    p3 minta tlong buatin contoh soal2 mengenai himpunan khususnya dalam pndekatan kontekstual ini.

  14. Saya tertarik sekali dengan PTK yang berjudul ”Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh Tahun Ajaran 2006/2007”. Mohon kiranya dapat mengirimkan Laporan PTK tersebut selengkapnya sebagai bahan referensi buat saya. Ini email saya: semridhil@yahoo.co.id
    Terima kasih

  15. Saya juga tertarik dengan karya anda, bisa minta tolong dikirimkan ke alamat email saya nggak? mau saya gunakan untuk referensi pembelajaran….Terima kasih…

  16. assalamu’alaikum

    hampir sama judulnya tapi saya pakem n open ended lagi bingung juga mo pake himpunan. jika bapak ingin membantu sudilah kiranya mengirimkan hasil karya bapak. ke email saya, trims 4 tulisannya

  17. tolong dong dikirim aku juga tuk bahan perbandingan,trim”s

  18. assalamu’alaikum………

    mas, sy minta dikirimi bab 2 ,blh?
    ini emailnya : aini_nieeeee@yahoo.com

  19. kl bs skalian contoh soal2 kontekstual utk himpunan…
    trims… ^_^

  20. asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh, tlg bntuannya ya mas, ni saya mau ambl skripsi materi sy jg ttg himpunan!!!

    tlg kirimi lngkpnya ya mas, i email say
    ysadewa@gmail.com
    maturnuwun sakderenge!!!

    wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

  21. Saya sangat tertarik dengan PTK yang berjudul ”Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh Tahun Ajaran 2006/2007”. mohon kiranya bapak berkenan mengirimkan Laporan PTK tersebut selengkapnya sebagai bahan referensi buat saya. Ini email saya: sepoones_boy@yahoo.com

  22. saya dari kediri lombok barat. saya sangat tertarik dengan hasil karya tulis anda, saat ini saya juga sedang menyelesaikan study matematika saya, saya banyak mendapat kesulita dalam menyampaikan materi matematika. untuk itu saya berharap bapak bisa membantu memberikan strategi yang bisa membuat siswa cepat paham dan agar suasana kelas tidak membosanka disaat kita mengajar. tlg dibalas ya ke alamat mail saya. sebelumnya terimakasih

  23. saya sedang menyelesaikan skripsi saya tentang pembelajaran kontekstual mohon kiranya bapak berkenan mengirimkan Laporan PTK tersebut selengkapnya sebagai bahan referensi buat saya. Ini email saya: keisya_elf@yahoo.co.id

  24. mas mintA BAB selnjutnya yng msalah kontekstual kirim ke prasetyo_ayryve@yahoo.co.id

  25. menarik !,,,,, sya mnta di emailkan
    ,,,,,,,,,, mkch,,
    piss_8@yahoo.com

  26. Wah mw dunk bab-bab slnjt na. T0long kirm ya k email sy d amoy.siti.m@gmail.com

  27. wah great bgt tuh judulna..
    kebetulan aku lg bkin skripsi pake materi himpunan jg..

    mw dumz lanjutanna,, cpha tw bs jdi tambahan referensi,, thx b4..

    kirim k email au iagg
    nind.girly@gmail.com

    makasiii :)

  28. Mas, judulnya menarik sekali. Sy bisa minta tulisannya semua ga mas? Mau buat bahan skripsi. makasih mas sblmnya.

  29. sy skr mengambil pend.matematika, dan tertarik utk mempelajari pendekatan konstektual . jdl ny menarik dan lugas yg bs dipake bahan skripsi nanti, utk bab klnjutannya tlg dikrm k imel q y pak : da_infinity_03@yahoo.com

    thx

  30. Saya sangat tertarik dengan tema PTK di atas…sya minta tolong dikirim ya, bab-bab selanjutnya sebagai referensi PTK saya. terima kasih sebelumnya

  31. bisa gak kirimin bab selanjut nya????? maksih yaa….

  32. oh yaa kirimkan ke nanie_ketchi@yahoo.com
    mkch yaa atas bantuan nya……..

  33. pa tolong juga bab 2 dan 3 ya pak
    nie Email saya : rosidelayo@ymail.com

  34. Mas salam kenal,,judulny menginspirasi sekali, boleh tolong kirim bab2 sampai bab5 ke nurul_husnah91@yahoo.com,sya sedang menyusun proposal lagi butuh sekali referensi ttg pembelajaran kontekstual. Ditunggu y,mksh ;)

  35. mas kalo boleh saya pun minta bab bab selanjutnya
    saya harap bisa dibantu, karena lagi menyusun seminar pendidikan matematika tentang kontekstual :)
    ke arum_rohmasari@yahoo.com
    terimakasih

  36. mas, saya juga inggin lihat bab selanjutnya, ini email saya rinisukartini@yahoo.com

  37. Mas, saya juga pengen lihat BAB selanjutnya, ini email saya maharanipuspita86@gmail.com

  38. salam kenal mas, tlong kirim mas bab 2-5nya…saya sgat betrima kasih sekali…ini email saya : fairon888@gmail.com

  39. bagus,,,,bagus,,,bagus,,, :D
    minta bab selanjutnya dong mas,,,
    kirim ke emai saya fikah.arfiana@gmail.com

  40. salam kenal. saya tertarik dgn tulisan sdr. krn saya merasa kesulitan mengajarkan materi himpunan. tolong donk bab 2 ampe kesimpulan. sebagai bahan refrensi buat saya. alamat saya sofia_ruliana@yahoo.com. Makasih bgd ya.

  41. Assalamu alaikum…
    Mas, minta tolong bangeet dikirimkan bab 2-5 nya di emai ini chaanpimoon@gmail.com
    Makaasih

  42. Asslm..
    mas, saya juga minta tolong, saya butuh banget bab 2 dan lampiran soal-soalnya mas..
    tolong banget, ini email saya : amma.ririn@gmail.com
    terima kasih sebelumnya..

  43. Wah keren banget ini skripsinya. boleh ya saya minta bab selanjutnya
    alamat e-mail : iraz.zhy@gmail.com

  44. saya suka banget dengat ptk ini kalo boleh kirimin dong bab berikunya ke alamat gsantoso51@yahoo.co.id atau gsantoso51@yahoo.com

  45. makasih pak… tp minta tolong dong kirimin ke email saya bab2 selanjutnya sampai akhir …ke alamat lina_indah86@yahoo.co.id
    saya tunggu y pak ..
    trims pak

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: