Contoh Pendahuluan Skripsi Akuntansi Aktiva Tetap

1.1 Latar Belakang

Informasi keuangan disajikan dalam bentuk laporan keuangan. Laporan keuangan utama yang dihasilkan dari proses akuntansi adalah neraca dan laporan rugi laba. Salah satu pos dalam neraca adalah aktiva tetap. Aktiva tetap dalam neraca yang dibahas merupakan aktiva tetap berwujud yang digunakan oleh perusahaan untuk kegiatan usahanya, tidak dimaksudkan untuk diperjualbelikan dan mempunyai masa manfaat atau kegunaan lebih dari satu tahun serta mempunyai nilai material.

…………adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang trading atau jual beli batu bara pada skala domestik. Fenomena yang terjadi pada …………menyangkut aktiva tetap berwujudnya, yaitu dalam pencatatan aktiva tetap berwujud perusahaan tidak melakukan penyusutan, sehingga aktiva tetap yang dilaporkan oleh perusahaan sebesar harga perolehannya saja. Penilaian harga perolehan aktiva tetap tidak disertai dengan biaya-biaya lainnya sampai aktiva tetap tersebut siap dipergunakan dalam kegiatan operasional perusahaan.

Aktiva tetap berwujud yang diperoleh perusahaan seharusnya dilakukan penyusutan secara periodik untuk mengetahui nilai bukunya pada akhir periode akuntansi dan dilaporkan dalam laporan keuangan di dalam neraca berupa akumulasi penyusutan serta dalam laporan rugi laba berupa beban penyusutan.

Melihat dari jabaran di atas antara fenomena dan teori tentang definisi aktiva tetap berwujud, identifikasi permasalahan yang ada pada …………adalah menyangkut masalah dalam pencatatan aktiva tetap berwujudnya perusahaan tidak melakukan penyusutan sehingga aktiva tetap yang dilaporkan oleh perusahaan sebesar harga perolehannya saja. Penilaian harga perolehan aktiva tetap tidak disertai dengan biaya-biaya lainnya sampai aktiva tetap tersebut siap dipergunakan dalam kegiatan operasional perusahaan. Dalam pelaporannya rekening beban penyusutan tidak ada, yang menyebabkan biaya menjadi lebih kecil sehingga laba yang dihasilkan menjadi lebih besar dari yang sebenarnya.

Akuntansi aktiva tetap sangat berarti terhadap kelayakan laporan keuangan, kesalahan dalam menilai aktiva tetap berwujud dapat mengakibatkan kesalahan yang cukup material karena nilai investasi yang ditanamkan pada aktiva tetap relatif besar. Mengingat pentingnya akuntansi aktiva tetap dalam laporan keuangan tersebut, maka perlakuannya harus berdasarkan pada Standar Akuntansi Keuangan (PSAK No.16). Oleh karena itu …………perlu melakukan perbaikan pada akuntansi aktiva tetapnya. Aktiva tetap tersebut dalam penyajiannya pada laporan keuangan seharusnya membebankan biaya depresiasi yang dimiliki secara konsisten pada setiap periode dengan menggunakan metode yang dianggap sesuai untuk diterapkan, yaitu metode garis lurus untuk bangunan, peralatan dan inventaris, serta metode jumlah angka tahun untuk kendaraan dan sarana transportasi lainnya, agar diketahui nilai sisanya pada akhir periode.

Penelitian ini penting dilakukan agar …………dapat membuat laporan keuangan dengan layak. Laporan keuangan yang layak diharapkan mampu memberikan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang membutuhkannya guna menilai kemampuan perusahaan.

1.2. Batasan Masalah

Batasan  masalah  dalam  penelitian  ini  diidentifikasikan sebagai berikut :

  1. Dalam pencatatan aktiva tetap berwujudnya perusahaan tidak melakukan penyusutan sehingga aktiva tetap yang dilaporkan oleh perusahaan sebesar harga perolehannya saja.
  2. Penilaian harga perolehan aktiva tetap tidak disertai dengan biaya-biaya lainnya sampai aktiva tetap tersebut dalam kondisi siap dipergunakan dalam kegiatan operasional perusahaan.
  3. Dalam pelaporan rekening beban penyusutan tidak ada, sehingga menyebabkan biaya menjadi lebih kecil dan laba yang dihasilkan jadi lebih besar dari yang sebenarnya.
78 Tanggapan

  1. mohon kirimkan saya contoh skripsi lengkep tentang akuntansi aset

  2. mohon kirim skripsi lengkap tentang metode penyusutan aktiva tetap terhadap laba perusahaan

    • Salam Kenal, Saya boleh di kirimi TA skripsi ttg Pengaruh Aktiva Tetap Terhadap Laporan Keuangan. Sebagai Pembelajaran Saya. Tks

  3. saya mau donk diqrim contoh TA d3 akuntansi tentang AKTIVA TETAP segera ;p
    cz btuh banget ney..
    ke email : irin.yienbox@yahoo.com yah

    thx b4

  4. tlong pak, saya akan melakukan penelitian ttg evaluasi pelaporan dan pengungkapan aktiva tetap pada perusahaan sesuai standar PSAK 16 revisi 2007. mohon diberikan referensi jurnal atwpun buku yag bisa di pakai.
    terima kasih.

  5. mhon dikirmkan lwt email di johanes_hermawan@yahoo.com
    trimakasih

  6. Kirimin semua persamaan akuntansi

  7. mohon di kirim ke ubmartkebonjeruk@yahoo.com terima kasih

  8. mau minta tolong pak,,
    kirimin contoh pendahuluan tentang aktiva tetap dong…

    buat bahan tulisan laporan magang saya..
    terima kasih ..

    alamat email saya p.wiragasari@gmail.com

    terima kasih banyakk

  9. minta contoh aktiva tetap nya donk pa…

  10. minta tolong pak,saya dikirmin contoh skripsi tentang aktiva tetap ke email saya sunday_morning88@yahoo.co.id
    terimakasih

  11. mohon kirimkan liwat email..Trims.

  12. pak saya minta dikirim skripsi lengkap tentang akuntansi keuangan. terimakasih dikirim ke robbyreeza@yahoo.co.id

  13. pak,
    mohon dikirimin contoh skripsi tentang kebijakan aktiva tetap terhadap profitabilitas perusahaan..
    ke alamat email saya yumizztik@yahoo.co.id
    ditunggu balesannya
    terima kasih_

  14. Pak, saya berencana untuk membuat skripsi dengan topik aktiva tetap, pelaporan dan pengungkapan aktiva tetap pada perusahaan sesuai standar PSAK 16 revisi 2007. mohon diberikan referensi jurnal, contoh skripsi atw pun buku yang bisa saya pakai ke frankaprima@yahoo.com

    terima kasih banyak ya..

  15. pak,, saya mau minta \tolong dikirimin jurnal skripsi mengenai penerapan psak no.16 pak.

  16. pak mohon dikirimin jurnal skripsi mengenai penerapan PSAK NO.16 ,, mohon dikirim ke: ndutz_ndutz89@yahoo.co.id

    terima kasih pak

  17. tolong dunk pak.. saya mw buat TA tentang Perlakuan aktiva tetap serta cara penyajian di laporan keuangan ….
    saya butuh beberapa landasan teorinya n latar belakangnya,,,
    sebagai reeferensi saya pak,,,,,

    tolong kirim di email saya ya pak….
    terimah kasih pakk… ^_^

  18. pak, tolong dikirimin contoh skripsi dan jurnal tentang “Perputaran aktiva tetap dan perputaran piutang terhadap profitabilitas”

    tolong yya pakk…
    saya butuh refereensi buat skripsi saya..

  19. pak, tolong dikirimin contoh skripsi dan jurnal tentang “Perputaran aktiva tetap dan perputaran piutang terhadap profitabilitas”

    tolongg ya pak..
    terima kasih
    kirim ke email saya piggyquw_ucul@yahoo.com

  20. tolong kirimkan ke email saya data lengkap mengenai skripsi aktiva tetap. thanks.

  21. saya akan membuat TA tentang penerapan psak no.16 ttg aktiva tetap. tolong dikirim referensi jurnal ataupun skripsinya. terima kasih. email saya nevyyardhana@yahoo.com
    tolong ya pak.. terima kasih.

  22. Pak saya minta tolong dikirimkan tentang pendahuluan penyusutan aktiva tetap untuk TA saya.

    tolong dikirim ke email saya ya pak,,,,

  23. saya minta referensi tentang aktiva tetap krna saya mngmbil jdul TA “Sistem Pencatatan AKTIVA TETAP,,
    segera ya pa
    makasih

  24. met siang pak, saya lagi buat TA tentang perlakuan akuntansi aktiva tetap dan pengaruhnya terhadap profitabilitas perusahaan, minta tolong landasan teorinya donk pak buat referensi, Trims

  25. pak,, saya minta contoh skripsi mengenai analisis rasio keuangan untuk mengukur kinerja keuangan di hotel,,
    trus minta tanggapannya terutama di bagian analisis,,
    terima kasih…

  26. sy sedang menjalan kan skripsi dengan judul evaluasi laporan keuangan perusahaan modal ventura dan kesesuaian dengan PSAK 15…sy mohon bantuan dalam referensi dan pembuatan bab 1 trims,

  27. bg saya lagi nyusun skripsi tetntang aset tetap
    tolong ya bg kirimin saya skripsi aset tetap.

    ne email saya : nico_almanahe@yahoo.com

  28. pak mohon kirimkan contoh jurnal tentang
    hubungan arus kas dari aktivitas operasi dengan dividen tunai..
    linkny apa ya pak contoh jurnal???
    tolong ya pak..
    e mail sy : hamka_doank@ymail.com

  29. pak, mohontolong kirimkan contoh jurnal untuk aktiva tetap. dan link2 yg mungkin bs saya liat sbg referensi yg lain.

    tks

    email saya: kurnutoke@gmail.com

  30. mau donk skripsi tentang aktivanya..
    beauty_senja@rocketmail.com

  31. toLong dong kirim contoh skripsi lengkap pLus jurnalnya…untuk referensi saya…
    trims..^^
    lopheluph.cupcup@yahoo.com

  32. tolong kirimin latarbelakang penelitian aset tetap berwujud dengan fenomena ter baru..
    tks

    email saya: anisa.neli@yahoo.com

  33. Pak, tlg bgt kirim contoh skripsi dengan materi penyusutan, tlg bgt Pak…
    tlg kirim ke: taufik_arfiansyah@yahoo.com

  34. pak, sya ingin meminta skripsi di atas secara lengkap,
    saat ini saya sedang dalam proses penyusunan skripsi.
    mohon bantuannya.,
    terimakasih
    iyuzt_mutz@yahoo.com

  35. pak, sya ingin meminta skripsi di atas secara lengkap,
    saat ini saya sedang dalam proses penyusunan skripsi.
    mohon bantuannya.,
    terimakasih

  36. salam kenal Pak Hasyim, tlg ditampilkan landasan teori perputaran aktiva tetapnya n daftar pustaka.. trims

  37. tolong d kirim contoh skripsi tentang aktiva tetap ne ya…
    bantu aq ya ….
    q mau tau latar belakang masalah, identifikasi masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, hipotesis, daftar pustaka, metode penelitian, dan metode analisa..
    thanks ya..

  38. Pak, mau tanya, kalau untuk aktiva tetap di perusahaan BPMIGAS judul yang bagus untuk Skripsi apa ya?

    Email saya di bertauli@gmail.com

    Trimakasih sebelumnya

  39. Pak mohon dikirimkan secara full contoh skripsinya y Pak,sama jurnal2 skripsinya y pak ke don_hafis@yahoo.com

  40. mohon untuk bantuannya saya sedang mengajukan proposal untuk skripsi saya dan mohon reverensi untuk judul yang saya ambil evaluasi perlakuan akuntansi asset tetap terhadap pt.X di….dan tolong kirimkan ke alamt email saya manja_can@yahoo.com

    thanks

  41. Mlam pak,saya minta tolong dikirimkan skripsi lengkap ttg judul pengaruh metode penyusutan aktiva tetap thd laba yg dihasilkan.. tlog di email di anz_mie63@yahoo.co.id

  42. pak, saya minta tolong di kirimkan skripsi tentang judul analisis akuntansi aktiva tetap pada kantor pemerintahan.
    tolong di email ke ml_cute05@yahoo.com

  43. pak saya minta tolong dikirmkan skripsi lengkap ttg judul dampak penerapan psak n0 16 pada perusahaan….( go publik)
    mohon dengan sangat pak…
    tolong di email di
    a603s_sm@yahoo.com

  44. sore pak,saya minta tolong dikirimkan skripsi lengkap ttg judul pengaruh metode penyusutan aktiva tetap thd laba yg dihasilkan.. tlog di email di yuyu_cuakeep15@yahoo.co.id
    Balas

  45. pak, minta tolong di emalkan contoh skripsi lengkap mengenai pencatatan aset tetap (kalau boleh yang terkait dengan instansi pemerintahan)

  46. Mas,tolong kirim contoh sskripsi Penyusutan Aktiva Tetap berwujud ….
    ini emailnya,..
    shany_chilalahy@yahoo.com
    Thanks….

  47. assm……..
    skg sya lg menempuh mata kuliah Metodologi Penelitian,trus di suruh cri topik buat skripsi!
    tolong bantuan bapak untk mengusulkan topik skripsi tentang laba………
    sekalian contoh latar belakang perumusn masalah….
    terima kasih.

  48. Dear pa’ hadi,

    minta tolong bantuannya untuk contoh skripsi tentang aset tetap, saya sedang nyusun skripsi tntng aset tetap butuh referensi. Tolong dikirim email ya pa ke lita_pinks@yahoo.com
    Makasih banyak.

  49. pak..
    saya sedang mencari bahan2 atau referensi untuk skripsi saya yg membahas tentang metode penyusutan akyiva tetapp.. sepertinya tulisan bpk diatas dpt saya jadikan referensi untuk skripsi yg sedang saya buat..jadi saya mohon untuk mengirimkan secara lengkapp ke email saya..apriwahyuny@rocketmail.com.. sebelumnya saya ucapkan terimakasih..

  50. permisi.. saya mau tanya, kalau sistem informasi akuntansi aktiva tetap pengertiaanya apa ? kalau bisa dari beberapa referensi ya.. dan dicantumkan jg referensi dari siapa. makasi

  51. Saya mahasiswa S1 yang sedang mentusun skripsi berkaitan dengan aktva tetap pada instansi pemerintah, mohon dengan hormat untuk dikirim skripsi yang bekaitan dengan penilaian aktiva tetap tetap, metode penyusutan dan hubungannya dengan laporan keuangn instansi pemerintah, email saya : nuningpurdiyanti@yahoo.co.id

  52. moho dibantu pak…
    saya sudah frustasi sama refisi saya..
    saya ingin tau teori jurnal analisis perlakuan akuntansi atas aktifa tetap
    tolong jurnalnya pak..
    terimakasih…
    mohon dibantu..

  53. moho dibantu pak…
    saya sudah frustasi sama refisi saya..
    saya ingin tau teori jurnal analisis perlakuan akuntansi atas aktifa tetap
    tolong jurnalnya pak..
    terimakasih…
    mohon dibantu..
    email saya : panjiee26@rocketmail.com

  54. assalamualaiku..pak bolehkah minta isi lengkap skripsi aset tetap…saya sedang menusun skripsi saya membutuhkan untuk patokan ..trims ditunggu ya di imoetnda@ymail.com

  55. siang Pak
    pak boleh minta skripsi tentang pencatatan aset tetap

  56. assalamualaikum pak, boleh saya minta isi skripsi lengkap tentang perputaran aktiva tetap dan perputaran piutang.. saya sedang menyusun skripsi,,, terima kasih…
    email saya: silent.me91@yahoo.com..
    saya tunggu.. terima kasih atas bantuannya

  57. mhon krm saya contoh skripsi tentang aktiva tetap pada rumah sakit……………
    e-mail saya :rizal_yakuzza@yahoo.com
    di tunggu ya………..:D
    terimakasih………:)

  58. mhon krm saya contoh skripsi tentang aktiva tetap pada rumah sakit……………
    e-mail saya : rizal_yakuzza@yahoo.com
    di tunggu ya………..:D
    terimakasih………:)

  59. assalamuallaikum..
    saya minta tolong..
    saya mo ngajukan proposal,tapi saya belum dapat judulnya..
    permasalahannya mengenai :tanah bagi perusahaan merupakan aktiva tetap tetapi tanah bagi developer merupakan aktiva lancar khususnya menjadi persediaan..
    tlg di bantu ya pak,skalian klu ada contoh skripsinya..
    terima kasih..
    email saya : novi9087@yahoo.com

  60. pak/mas, tlong dong krimkan skripsi lengkapny…
    saya lg mlkakukan pnelitian…
    tong ya pak.
    ni email sya.
    fradion_hutagaol77@yahoo.com
    thanks

  61. Assalamualikum…
    mohon bantuan untuk jurnal, artikel ilmiah, ataupun rujukan lain berkaitan dengan pengungkapan aktiva tetap sesuai PSAK no16.,.,

    Miko.speakup@gmail.com

    terimakasih

  62. assalamu’laikum wr wb
    mohon bantuannya ya pak jurnal atau artikel dan contoh skripsi tentang aset tetap pemerintah berdasarkan psap 07 dan peraturan turunannya

  63. assalamu’laikum wr wb|
    mohon bantuannya pak, apa rumusan masalah yang cocok mengenai penilaian aktiva tetap pada perusahaan yang menerapkan SAK ETAP dalam pelaporan keuangannya,.
    kirim ke email saya ya pak,..
    aquariuz_boy88@yahoo.com
    Terima kasih

  64. Pak mohon bantuannya untuk skripsi ttg dampak evaluasi aktiva tetap terhadap pt.x

    Email saya : nanda.stoc@yahoo.com

  65. pak mohon bantuannya untuk skripsi ttg penerapan aktiva tetap… lalu skripsi tentang biaya pinjaman terhadap pt x.. terima kasih banyak pak.. email saya : kyoto_rufus@hotmail.com

  66. nama sya dedy..sekarang sedang TA judul skripsi perlakuan aktiva tetap pada perusahan..mohon bantuannya dutaislam@yahoo.co.id

  67. Pak mohon bantuannya, nama saya latipah saya sedang TA judul skripsi analisa penerapan akuntansi aktiva tetap pada rumah sakit. saya mohon bantuanya kirim ke email saya sebagai bahan referensi saya menyesaikan TA. alamat email saya latifahmutz@ymail.com

  68. aku juga dong

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

