Perhitungan, Penyetoran, dan Pelaporan Pajak Pertambahan Nilai pada PT. Pertamina (Persero) Cabang Banda Aceh

1.1. Latar Belakang Permasalahan
Kesungguhan Pemerintah dalam menempatkan pajak sebagai ujung tombak sumber pembiayaan pembangunan belakangan ini sangat terasa, lebih-lebih setelah dikeluarkannya sejumlah ketentuan baru. Menyadari betapa besarnya peranan pajak, maka pelaksanaan penerimaan pajak bukan semata-mata menjadi tugas dan kewajiban aparatur pajak tetapi menjadi kewajiban seluruh warga negara.

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) merupakan salah satu jenis pajak yang menjadi andalan pemerintah guna mewujudkan kemandirian bangsa dalam pembangunan. Menurut Undang-Undang Perpajakan yang berlaku sekarang, wajib pajak diberikan kebebasan dan tanggung jawab untuk memperhitungkan, membayar dan melaporkan sendiri pajaknya. Cara ini dikenal dengan, nama self assessment. Untuk mempermudah pe1aksanaan tanggung jawab tersebut, wajib pajak perlu mencatat seluruh jumlah pembelian dan penyerahan barang/jasa dalam pembukuannya sehingga dasar pengenaan PPN dapat ditentukan dengan mudah.
Dihubungkan dengan proses akutansi secara keseluruhan, pencatatan dan pelaporan PPN tidak dapat dipisahkan atau berdiri sendiri karena pencatatan dan pelaporan PPN didasarkan pada poses akutansi secara keseluruhan sejak awal operasi perusahaan. Karena proses pencatatannya tidak terlepas dari proses akuntansi perusahaan, maka dalam pelaporan PPN mesti terdapat kesesuaian antara laporan yang ditujukan kepada instansi perpajakan dalam bentuk Surat Pemberitahuan (SPT) dengan yang dilaporkan dalam laporan keuangan perusahaan. Keseluruhan ini dimaksud agar informasi yang dihasilkan tidak menyesatkan dan dapat dipercaya.
Pertamina merupakan suatu perusahaan negara yang memiliki hak monopoli untuk mengeksploitasi sumber-sumber alam yang terkandung di bumi Indonesia, khususnya minyak dan gas bumi. Di samping hak monopoli tersebut, Pertamina membuka depot-depot diberbagai daerah untuk memperlancar penyaluran BBM dan Non BBM kepada masyarakat.
Pertamina Unit Cabang Banda Aceh merupakan salah satu unit penyaluran BBM dan non BBM untuk wilayah Aceh, dan bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengkoordinasi unit-unit penyaluran BBM dan non BBM. Untuk sementara Pertamina Cabang Banda Aceh hanya menyediakan BBM yang terdiri dari avtur, premium, minyak tanah, minyak solar serta non BBM terdiri dari pelumas dan elpiji. Atas penyaluran BBM dan non BBM tersebut dikenakan PPN.
Untuk mengetahui tentang cara-cara perhitungan, penyetoran dan pelaporan PPN, maka penulis tertarilk untuk melakukan penelitian dengan judul “Perhitungan, Penyetoran, dan Pelaporan Pajak Pertambahan Nilai pada PT. Pertamina (Persero) Cabang Banda Aceh “.

1.2 Peramusan Masalah
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah ” bagaimana perhitungan, penyetoran, dan pelaporan Pajak Pertambahan Nilai pada PT. Pertamina (persero) Cabang Banda Aceh “.

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan laporan ini adalah untuk mengetahui bagaimana perhitungan, penyetoran, dan pelaporan Pajak Pertambahan Nilai pada PT. Pertamina (persero) Cabang Banda Aceh.

1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat diperoleh dari penulisan laporan kerja praktek ini adalah:
a. Sebagai masukan dan pertimbangan bagi PT. Pertamina (Persero) cabang Banda Aceh dalam menetapkan kebijaksanaan perhitungan, penyetoran dan pelaporan Pajak Pertambahan Nilai
b. Menambah wawasan berfikir bagi penulis terutama dalam hal penerapan perhitungan, penyetoran dan pelaporan terhadap PPN.
c. Untuk mempersiapkan sebuah Laporan Kerja Praktek (LKP) dalam rangka memenuhi syarat untuk penyelesaian studi pada program Diploma 3 Jurusan Perpajakan Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala.

1.5 Ruang Lingkup Penulisan
Penulisan laporan ini hanya memfokuskan pada perhitungan, penyetoran dan pelaporan Pajak Pertambahan Nilai pada PT. Pertamina (Persero) Cabang Banda Aceh.

1.6 Metode Penulisan Laporan
Metode penulisan yang penulis pergunakan untuk memperoleh data-data informasi yang diperlukan dalam menyusun Laporan Kerja Praktek ini terdiri dari dua metode, yaitu:
1. Library Research (Penelitian Kepustakaan)
Penelitian ini dilakukan agar mendukung data yang berhubungan dengan teoritis, yang diperoleh melalui buku-buku, artikel, majalah dan bahan-bahan bacaan lainnya yang berhubungan dengan penelitian dan penulisan laporan.
2. Field Research (Penelitian Lapangan)
Dalam hal ini penulis langsung melakukan kerja praktek pada PT. Pertamina (persero) Cabang Banda Aceh selama 2 (dua) bulan. Data dan keterangan yang diperlukan diperoleh dengan cara obervasi (pengamatan), dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap data yang berhubungan dengan objek penulisan LKP.

6 Tanggapan

  1. ass.. pak, sangat tertarik dengan tulisan di atas krn saya sedang menulis skripsi tentang penerapan ppn pada pertamina.. apa saya bisa mendapatkan laporan di atas secara lengkap dr bapak? trm ksh.. wass

  2. maaf pak, saya tertarik sekali dengan tulisan bapak diatas. apakah saya dapat membacanya secara keseluruhan. tolong kirimkan ke alamat email saya thy_913@yahoo.co.id

  3. saya lagi menyusun laporan tentang pertamina pak dan saya sangat tertarik dengan tulisan bapak. apakah saya bisa mendapatkan laporannya secara lengkap dari bapak????
    law bsa tolong kirim ke e-mail saya
    derainbow89@gmail.com

  4. saya lagi menyusun laporan tentang Perhitungan, Penyetoran, dan Pelaporan Pajak Pertambahan Nilai pak dan saya sangat tertarik dengan tulisan bapak. apakah saya bisa mendapatkan laporannya secara lengkap dari bapak?
    apabila bisa mohon agar dapat di kirim ke e-mail saya

    z_pHy12@yahoo.com

  5. assalamualaikum, maaf saya mahasiswa salah satu perguruan tinggi negeri malang, saya sedang menyusun tugas akhir yang berkaitan dengan PPN di Pertamiana, Namun Masih sedikit reverensi yang saya temukan.. apakah saya bisa mendapatkan laporan hasil penelitian bapak secara lengkap?? jika bisa mohon agar bisa dikirim ke email saya fadliyah14@gmail.com
    terimakasih sebelumnya..

  6. assalamualaikum.. maaf pak saya mahasiswa perguruan tinggi negri palangkaraya yang sedang menghadapi tugas akhir smester…. yang berkaitan dengan PPN di pertamina temen saya… boleh saya minta laporan lengkap tentang artikel bapak yang di atas buat tambahan referensi saya pak? jika di ijinkan mohon agar bisa di kirim ke email saya muhammadmuliadi818@gmail.com terimaksih sebelumnya. wasalammualaikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: