BIARLAH MEREKA MENYEBUT PANTAI BARAT SELATAN ATAU SIBLAH GEURUTE

Copy of PICT0200Mereka menyebutnya PANTAI BARAT SELATAN. Walaupun ada alas an mereka menyebut seperti  itu. Tapi, aku tetap juga tak mengerti kenapa sebutan itu hanya ada untuk Barat Selatan. Kenapa tidak ada sebutan untuk Pantai Timur Utara. Mereka juga menyebutnya pantai panjang Aceh yang menghadap Samudera Hindia itu dengan sebutan SIBLAH GEURUTE.PICT130 Kami juga berada di bawah bendera Kerajaan Aceh Darussalam dengan Iskandar Muda sebagai Sultan.

PICT0171Tak apa mereka menyebut seperti. Tak merah kami saat mereka menyebut seperti. Tapi jangan jadikan itu sebagai kasta dalam bumi aceh kita ini. Tak elok sepertinya jadikan kata-kata itu menjadi pembeda karena di sana tak ada gas. Tak indah sepertinya kalau kalimat itu menandakan kami tak punya industri raksasa.

Jadikan saja kata-kata itu sebagai penanda daerah. Jadikan saja Barat Selatan sebagai nama ribuan batu saphir yang telah menjelma menjadi pasir indah. Karena pasir-pasir itu memanja mata menatap luas Samudera Hindia tanpa harus mencemar langit biru dengan asap-asap dari cerobong-cerobong reksasa yang mengeri. Jadikan saja Geurute sebagai pengingat bahwa di sana ada menara alam nan kokoh yang mengahamparkan Lageun dan Reugah sebagai Karya Ilahi yang Agung.

Kami tak malu mereka menyebut Barat Selatan, karena kami memang punya Barat Selatan. Barat Selatan adalah untaian PICT0226indah selendang bidadari dari kayangan yang telah menjelma menjadi untaian arus yang jatuh memukau dalam Air Terjun Air Dingin. Barat Selatan juga emas murni yang telah menjelma jadi butiran pasir yang ditata Tuhan di Pantai Putih. Kami juga tak protes apalagi melarang setiap orang menyebut Barat Selatan, karena Barat Selatan adalah sebutan untuk tanah indah dari Geurute, Lamno, Lageun, Calang, Teunom, Meulaboh, Nagan, Blang Pidie, Labuhan Haji, Air Dingin, Tapaktuan, Tingkat Tujoh, Panorama Hatta. Semua itu anugerah Tuhan yang tak  mau  kami tukar dengan Gas yang bias habis, tak mau kami tukar dengan ceorobong-cerbong yang memuntahkan asap-asap tajam perobek ozon langit kami yang masih perawan.

PANTAI BARAT SELATAN atau SEBELAH GEURUTE. Kami bangga disebut demikian. Karena mereka mengingat kami lewat karunia alam dari Tuhan untuk tanah di mana kami dilahirkan, dibesarkan, diajarkan.PICT0287

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: