Contoh Pendahuluan Skripsi Motivasi Pendidikan

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa pada SLTP xxxxx

Pembagunan Nasional dibidang pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur. Sehingga dengan demikian setiap warga negara mampu mengembangkan diri sebagai manusia seutuhnya.

Dalam pasal 4 Undang-undang No. 2 tahun 1989 tentang pendidikan nasional tercantum bahwa: “Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan Indonesia seutuhnya”. Pelaksanaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa ini bisa terlaksana dengan adanya tanggung jawab bersama antara guru, masyarakat dan orang tua.

Pembinaan tenaga guru bukan hanya diperioritaskan tentang pengetahun yang akan diberikan atau diajarkan kepada siswanya, tetapi sikap dan keterampilan agar mendorong para siswa untuk belajar juga sangut diutamakan. Sebab tanpa adanya sikap yang terpuji dan keterampilan mendidik atau mengajar yang baik sehingga akan membawa anak didik menjadi manusia sebagai mana yang diinginkan, disamping itu banyak pula kemungkinan para siswa kurang terdorong untuk mempelajari sesuatu ilmu yang diajarkan oleh gurunya, dengan demikian tidak tercapailah sutu proses pengajararan yang baik.

Keinginan atau dorongan untuk belajar ini sering di istilah dengan motivasi belajar. Hal ini sesuai Winkel (1984:27) bahwa ” Motivasi balajar adalah keseluruhan daya penggerak belajar dan yang membagikan arah pada kegiatan belajar itu sendiri maka tujuan yang dikehendaki oleh siswa tercapai”.

Dari pengertian tersebut dapat dikembangkan meliputi dua hal yang sangat esensial sifatnya yaitu mengetahui apa yang akan dipelajari dan memahami mengapa hal tersbut dapat dipelajari. Berpihak pada dua dorongan hal itulah dijadikan permukaan yang sangat baik untuk kegiatan belajar seseorang, sebab tanpa adanya dorongan maka akan kecendrungan tidak berhasil seseorang dalam proses belajarnya.

Dari kutipan tersebut dapat diperjelas bagi kita betapa pentingnya motivasi belajar tersebut harus dibangkitkan oleh orang tua dan guru dalam proses belajar mengajar, tapi setelah kita amati ke kelas-kelas ternyata masih banyak siswa yang kurang bersemangat dalam belajar.

Berdasarkan permasalahn tersebut di atas, maka perlu dilakukan penelitian dengan judul: “

Satu Tanggapan

  1. Thanks, salam kenal…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: