MODUL TUTORIAL QUICKBOOKS PREMIER

BAB I

MEMPERSIAPKAN FILE PERUSAHAAN

Ketika pertama kali menjalan QuickBooks kita akan menemukan window berikut:

Overview Tutorial. Merupakan tutorial interaktif yang menjadi salah satu kelebihan QuickBooks Primer 2007. Walau disajikan dalam bahasa Inggris, tetapi tutorial ini sangat membantu bagi pemula.

Explore Quickbooks. Merupakan menu untuk memilih contoh file QuickBooks Primer 2007. Ada dua jenis perusahaan yang tersedia yaitu perusahaan yang berbasis produk (perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur) dan perusahaan jasa.

Create a new company file. Pilih menu ini untuk memulai perusahaan/organisasi baru.

Open an existing company file. Digunakan untuk membuka file perusahaan yang telah ada.

Pilih menu Create a new company file untuk menjalankan perusahaan baru. Kemudian akan muncul window QuickBooks Easy Step Interview yang memberikan tiga pilihan kepada user, yaitu

Start Interview, Dipilih untuk memperoleh panduan dalam men-set up data perusahaan/organisasi. Menu ini tidak terlalu menolong. Karena dalam men-set up file perusahaan tidak rumit dan dapat diisi secara instant.

Skip Interview,   Dipilih untuk men-set up data perusahaan sesuai apa yang diinginkan. Pada dasarnya menu ini sama dengan menu Start Interview.

Convert Data, Digunakan untuk memasukkan data perusahaan yang telah ada di software akuntansi lain. Software yang dapat dibaca adalah Quicken, Peachtree dan Small Business Accounting.

Klik menu Skip Interview untuk memulai men-set up data perusahaan baru.

Langkah pertama adalah memasukkan informasi pokok perusahaan seperti nama, alamat, NPWP, dan lain-lain. Selain company name, field lainnya dapat dikosongkan bila dianggap tidak penting. Legal name pada window ini merupakan nama perusahaan yang tertera dalam akte pendirian perusahaan. Sedangkan Tax ID, di Indonesia lebih dikenal NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Setelah semua data yang diperlukan diisi, klik Next

Langkah selanjutnya adalah menentukan jenis perusahaan. Ada 6 jenis perusahaan yang akun-akun dan informasi akuntansi lainnya disediakan oleh QuickBooks yaitu: perusahaan perorangan (sole proprietorship), firma (Partnership or LLP), Komanditer (LLC), Perseroan (Corporation), Usaha kecil non pajak (S Corporation) dan perusahaan nirlaba (Non-Profit).

Jika ingin menggunakan/membuat akun sendiri, dapat memilih opsi Other/none. Pada opsi ini kita akan membuat akun-akun sendiri dari awal.

Pada kasus ini pilih opsi Other/none dan klik Next.

Kemudian tentukan awal dari tahun fiskal yang akan digunakan perusahaan. Pilih January dan klik Next.

Pilih bidang usaha dari perusahaan yang akan dijalankan. Ada 32 bidang usaha yang disediakan akun-akun pendapatan dan beban oleh QuickBooks. Pilih other/none untuk membuat akun sendiri. Kemudian klik next.

Klik Finish dan tentukan nama dan lokasi file disimpan.

Bila muncul window QuickBooks Learning Center, klik Begin QuickBooks.

Layar Quick Pertama muncul adalah window Home. Pada window ini menampilakn lima menu utama QuickBooks. Yaitu Vendors, Customers, Employees, Company, dan Banking.

1

4

  1. Company, digunakan untuk men-set up informasi perusahaan seperti, data akun-akun yang digunakan.
  2. Banking, digunakan untuk mencatat transaksi yang berkenaan dengan penerimaan dan pengeluraan kas.
  3. Vendors, digunakan untuk mencatat transaksi  yang berhubungan dengan vendor (supplier) seperti pembelian, pembayaran utang usaha.
  4. Costomers, digunakan untuk mencatat transaksi yang berhubungan dengan pelanggan seperti penjualan, penerimaan piutang usaha.
  5. Employees, digunakan untuk mencatat transaksi yang berhubungan dengan karyawan seperti payroll.

Menu lainnya yang terdapat dan window home adalah Account Balances yang menunjukkan saldo setiap akun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: