Pengertian dan Fungsi Dana Kas Kecil (Petty Cash Fund)

Pengeluaran kas didalam prakteknya, tidak semua dapat dilakukan dengan menggunakan cek, karena untuk pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil, sangat tidak efektif bila dilakukan dengan menggunakan cek. Untuk itu perusahaan biasanya membentuk suatu dana khusus yang disebut dengan dana kas kecil ( Petty Cash Fund ).

Soemarso ( 2004 ) mendefinisikan dana kas kecil sebagai berikut :
”sejumlah uang tunai tertentu yang disisihkan dalam perusahaan dan digunakan untuk melayani pengeluaran-pengeluaran tertentu. Biasanya pengeluaran-pengeluran yang dilakukan melalui dana kas kecil adalah pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya tidak besar, pengeluaran-pengeluaran lain dilakukan dengan bank ( dengan cek )”.

Dari kutipan di atas jelas bahwa dana ini hanya diperuntukan bagi pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil yang tidak mungkin dilakukan dengan menggunakan cek. Oleh sebab itu perusahan perlu menetapkan mata anggaran apa saja yang bisa dibayarkan dengan menggunakan kas kecil, dan mata anggaran apa saja yang tidak bisa dilakukan dengan menggunakan dana tersebut, karena tidak semua pengeluaran yang jumlahnya kecil layak dibayarkan dengan menggunakan dana kas kecil. Tetapi ada perkiraan-perkiraan karena alasan tertentu tidak dibayarkan dengan kas kecil, walaupun jumlahnya relatif kecil.
Dalam sebuah perusahaan yang sudah besar, fungsi dana kas kecil sangatlah penting untuk menunjang kelancaran aktivitas dari perusahaan, karena setiap pengeluaran yang relatif kecil tidak efektif jika dilakukan dengan menggunakan cek disebabkan penarikan cek memebutuhkan waktu yang lama. Akan tetapi dengan adanya dana kas kecil semua pengeluaran tersebut dapat dilakukan dengan segera. Biasanya pengeluaran yang termasuk dalam dana kas kecil itu sifatnya pengeluaran rutin. Adapun pengeluaran yang dilakukan dengan dana kas kecil adalah biaya-biaya:
– Biaya makan minum
– Biaya perlengkapan
– Biaya keperluan kantor
– Serta biaya-biaya lainnya.
Karena fungsinya yang demikian penting, maka pada perusahaan yang berukuran menengah besar, dana kas kecil ini sudah merupakan kebutuhan yang mutlak harus ada. Dapat dibayarkan betapa tidak efesiennya apabila dana kas kecil ini tidak disediakan anggarannya oleh perusahan tersebut, karena pada saat akan melakukan pengeluaran uang harus menunggu pencairan cek terlebih dahulu. Tapi kalau perusahaan tersebut menyediakan anggaran bagi dana kas kecil, maka setiap melakukan pengeluaran yang kecil-kecil tidak harus menunggu pencairan cek terlebih dahulu tetapi bisa langsung pembayarannya mengunakan dana kas kecil tadi.
Jumlah dana kas kecil yang tersedia ditangan juga tidak boleh terlalu besar jumlahnya, karena akan menyebabkan sejumlah dana yang menganggur dan juga dapat menimbulkan resiko kehilangan. Dengan adanya dana kas kecil yang jumlahnya sesuai kebutuhan, tentu aktivitas perusahaan dapat berjalan lancar.

Dalam mengelola dana kas kecil ada dua metode yang bisa digunakan yaitu Imprest Fund Method dan Fluctuation Method.
a. Imprest Fund Method
Pada sistem Imprest Fund, Baridwan ( 1992 ) mendefinisikan : ”Didalam sistem ini jumlah dana dalam rekening kas kecil selalu tetap, yaitu sebesar cek yang diserahkan kepada kasir kas kecil untuk untuk membentuk dana kas kecil ”
Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat diperjelas bahwa pada sistem Imprest Fund jumlah dana kas kecil selalu konstan dan tidak berubah-ubah. Biasanya kas kecil ini diisi dengan sejumlash uang yang telah ditetapkan untuk keperluan pembayarn-pembayaran selama jangka waktu tertentu, misalnya satu minggu, dua minggu, ataupun sebulan. Bilamana jangka waktunya telah habis dan jumlah uang dalam kas kecil pun telah menipis, maka kas kecil diisi kembali dengan menarik dana dari kas besar sampai dengan jumlah dana yang telah ditetapkan besarnya. Untuk setiap pengisian kembali dana kas kecil, pemegagang kas kecil selalu melampirkan kas kecil serta bukti-bukti pendukungnya.
Walaupun secara teoritis ada dua sistem penggelolaan deana kas kecil, tetapi dalam kenyataanya hampir semua perusahaan yang telah membentuk dana kas, mengelolanya dengan sistem imprest dengan alasan untuk mempermudah pengawasan.
Dari penjelasan tersebut maka jelaslah bahwa dana kas kecil yang dikelola dengan sistem Imprest Fund menghasilkan beberapa keuntungan bagi pihak perusahaan yaitu untuk mempermudah pengawasan, perhitungan dan pertaggung jawaban (Accountabilities).
b. Fluctuation Method
Menurut Baridwan ( 1992 ) Fluctuation Method dikatakan ” Dalam sistem fluktuasi saldo rekening kas kecil tetap, tetapi berfluktuasi sesuai dengan jumlah pengisisan kembali dan pengeluran- pengeluaran dari kas kecil ”.
Dari definisi diatas maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa Fluctuation Method merupakan suatu sistem penggeloalaan dana kas kecil yang saldo rekeningnya tidak tetap dan tergantung pada besar kecilnya pengeluaran yang terjadi untuk periode tertentu, misalnya dalam waktu dua minggu, sebulan dan sebagainya.
Pada sistem ini rekening kas kecil yang diselenggarakan harus menunjukkan saldo pada setiap saat sebesar jumlah dana kas kecil yang ada ditangan pemegang dana kas kecil.
Ada beberapa prosedur yang perlu dilakukan untuk melaksanakan dana kas kecil
a. Prosedur Pembentukan Dana Kas Kecil
Tahap pertama dalam menetapkan dana kas kecil adalah mentaksir jumlah dana yang diperlukan untuk kas kecil tersebut. Setelah jumlah ini ditentukan kita misalkan sejumlah Rp. 150.000,-, maka akan ditarik selembar cek untuk sejumlah dana tersebut dan dibuat pencacatan untuk dana kas kecil. Ayat jurnal yang harus dibuat adalah sebagai berikut:
Kas kecil Rp. 150.000,-
Kas/Bank Rp. 150.000,-
Pencacatan yang dilakukan pada sistem Imprest Fund dan pada sistem fluctuation adalah sama yaitu dengan mendebet kas kecil dan mengkredit perkiraan kas atau bank ( yang dimaksud kas di sini adalah kas besar ).
b. Prosedur Pengeluaran Dana Kas Kecil
Untuk pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan dengan dana kas kecil perlu dibuat bukti pengeluaran kas kecil ( petty cash record ). Tabel 1-1 memperlihatkan contoh bukti pengeluaran kas kecil (petty cash voucher ). Tabel 1-2 memperlihatkan contoh kas kecil (petty cash record).

About these ads

58 Tanggapan

  1. saya sangat senang membaca tentang akuntansi,karena berkaitan dengan jurusan saya ketika dibangku kuliah

  2. tenkyu mas Muttaqin atas tulisan kas kecilnya..klo bisa daftar pustakanya juga dimasukkan …trims b4

  3. ooo..
    rupa ny pak hadi..
    haha..

    ni ad tugas ALK pak..
    pas search di google..
    ktmu blog bapak ni..

    thx pak penjelasan ny..^^

  4. thankz ya infonya sngt membntu bgt.

  5. thanks atas infonya… (^_^)

  6. Dear Pak Hadi

    Blog nya membantu banget wat tugas kuliah saya,,,bisa lebih jelas referensi buku dan pengarangnya seperti pada artikel piutang

  7. kas kecil sama dengan uang persediaan pada bendahara pengeluaran

  8. thank’s infox…

  9. Salam knal
    Dgn Bpk. Hadi
    lgs aja y pak, saya mau tanya klo judul Tugas Akhir saya adalah :
    PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PROSEDUR PENGENDALIAN KAS KECIL
    latar belakang nya seperti apa y enak nya?
    setau saya yang namanya kas kecil tuh pengeluaran yang kecil2 dan saya rasa tidak mempunyai peranan penting akan tetapi saya disini kebinggungan menulis di T.A. saya ini dr mn y saya hrs memulainya ?

    thanks
    selvia

  10. seeneng baca materinya pak… !!
    pak….. !!! bisa kah bapak mengirim kan RMK (ringkasan materi kas) di alamat emai aku pak !!
    soalnya aku masi bingung pak dengan materinya

    email = vino_xcntrex@yahoo.com

    terima kasih sebelumnya pak…!!

  11. pak…saya ingin contoh cara pengerjan jurnal kas kecil dg sistem imprest dan fluktuasi..
    dmn letak perbedaannya..
    mohon di jawab lewat email atau facebook saya :: dnissacantik@rocketmail.com

  12. saya berterima kasih sekali karna dengan membaca artikel ini membentu saya dalam pembuatan paper saya .. :)

  13. […] Pengertian dan fungsi dana kas kecil (Petty cash fund) […]

  14. tks pak ats informasi nya…
    sngt membantu saya dalam pembuatan Tugas Akhir..
    tpi blh sy minta pnjelasan yg lebih mendalam tentang Kas Kecil.?
    karena saya skrg sdg membuat Tugas Akhir tentang Kas Kecil..

  15. bertirima kasih sekali karena saya sudah mendapatkan ilmu yg bermanfaat dr web ini

  16. pak saya pgen nya,bgmana s klo membuat ltr blakng tntang pngeluaran kas kecil pd sstm infrms akntns yg baik dan bgaimana cra membuat permslahannya cz sy slah trus jd pzing

  17. oiy makasih sebelumnnya

  18. matur nuwun atas ilmunya, kalau diijinkan saya mohon di share ilmunya melalui email saya

  19. thx wt artikelnya z

  20. kok tabel nya g da pa?????

  21. pak klo bisa dikasih penjelasan tentang jurnal perhitungannya biar lebih mudah buat dimengerti

  22. maaf, tabelnya dimana pa?

  23. Wah, info’y membantu.

  24. Wah, membantu

  25. Thanks tulisanya…………. KLo bleh d perbenyak tulisan akuntansinya, n lbih d perjelas/ detail

  26. tk … sangan membantu saya memahami teori kas dan metode2 pencatatannya …

  27. hmm
    bisa gag kas kecil di perbanyak lagi…coal kmi ad ke tugas nie….
    tolong yaa
    thx yaa
    tu klo bisa di perbanyak yaa..
    klo gag bisa uga gpapa dech….

  28. Saya sdg mengkaitkan hubungan antara adm. Perkantoran dgn dana kas kecil, mohon bantuanya. Apa saja dokumen yg dibutuhkan unuk admnya dan tolng jg krmkan materi di atas. Terimakasih seblmnya

  29. keereen artikelx……klo prlu d tmbh lg dunk yg brkaitan dgn akuntansi yg laenx…jd bsa mbantu sya klo ad tgaz kuliahhhh,,,,heheheheheheh

  30. mau nanya ini pak.. saya lg memulai menyusun skripsi dgn judul sistem dana kas kecil pada PT..apa2 saja yg dimuat dlm kuesioner dalam sistem dana kas kecil…atas jawabannya saya ucapkan terima kasih…

  31. Selamat Sore Pa,

    saya mau tanya, kalau contoh tabelnya dimana ya? karena disitu disebutkan contoh tabel. tapi, tidak ada linknya…
    Salam,

  32. bapak,,,saya ini baru mw memulai menyusun skripsi dan kebetulan judul saya adalah sistem dana kas kecil pada PT”X”.
    yang ingin saya tanyakan,bagaimana kuesioner yg seharusnya saya buat terhadap perusahaan yg akan saya riset tsb.atas penjelasannya saya ucapkan terimakasih..

  33. thx,,tp pembahasannya kurang lengkap

  34. cukup membantu saya karna saya bekerja pada bidang yang berbeda dengan jurusan yang saya enyam selama ini. ini membuat saya kewalahan tetapi sembaring belajar saya mencoba ikhlas menjalaninya

  35. Mkasih bnget atas infonya , ini sngat membantu saya di bangku skolah SMK ..
    Dan kbetulan jurusan saya kesekretarisan, jadi materi ini sangat brhubungan dgan tugas seorg sekretaris.

  36. Terimakasih Pak, ini sangat membantu tugas kuliah ku.

  37. Pak saya mau dunk bagi ilmunya ttg akuntansi tuk bantu saya dalam bekerja. tolong kirim di email saya yach Pak.. makasih

  38. artikelnya sangat membantu..
    trima kasih pak..

  39. matur kasih pak
    aq gk jdi dimarahin bu. guru

  40. Saya mau tanya pak, Apakah Kas Kecil Tidak Boleh Digunakan Untuk Pembelian Peralatan Kantor? yang jumlahnya Besar, Misal Sebuah Printer?

  41. […] : http://muttaqinhasyim.wordpress.com Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this […]

  42. Wah asli terbantu banget lagi da tgas ni tentang pety cash, penjelasan’y simpel mudah di mengerti. i like it.

  43. keuntungan kas kecil bagi perusahaan apa sih ?

  44. Pak makasi ea atas semua penjelasan ny !!!
    Ilmu saya jdi bertamba ne . Oh ea pak saya mw nanyak ne :
    Knapa metode dana tdtap tdk dapat diposting kedalam buku besar sedangkan metode dana tdk tetap dapat di posting dlm buku besar ???

    Tolong jwb ea pak,,, saya siswa klz 2 smk jurusan akuntansi di smk n 1 Rantauprapat .

  45. Pak.. Tolong dunk gmn buat petty cash imprestfund system, m fluctuation fund system.. Bila pada tgl31 kas kecil diisi kembali n tgl 31 tidak diisi

  46. bikin wawasan bertambah ni

  47. thank you very much that education give to me. because, DANA KAS KECIL is a learn is one of my vocational .

  48. contoh rekening giro…

  49. gmna tow, pengertiannya gk lengkap…..

  50. masih belum terlalu paham

  51. masih ataz infonx, kmu bikin tugzq lebh mudh.

  52. Penjelasan.Nya ok jd tambah ilmu …makasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: